Pages

Minggu, 01 Januari 2012

Istilah "Rooting" Ponsel Android, Manfaat, Kegunaan, dan Resikonya

Shear Blog - Pengguna Android pasti sudah sering mendengar istilah "rooting", namun bagi "newbie" atau pengguna baru istilah tersebut masih sangat asing. Apa itu rooting, kegunaan, manfaat, cara melakukannya, dan resiko yang dihadapi setelah melakukannya ?

Rooting merupakan proses untuk mendapatkan superuser privilige yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan akses secara penuh bahkan hingga ke sistem Android. Bisa juga diibaratkan membuka pintu agar pengguna bisa memodifikasi sistem.

Semua vendor ponsel dengan OS Android sengaja menutup akses ke root secara default, hal ini dilakukan dengan maksud agar kinerja ponsel dapat berjalan dengan stabil mengingat semua pengguna tidak mengerti bagaimana cara memodifikasi sistem Android. Bila pengguna awan memaksa masuk ke root dan tidak sengaja menghapus file sistem di dalamnya maka kinerja ponsel akan terganggu dan bisa menyebabkan mati total.

Berikut ini adalah resiko yang mungkin di hadapi jika pengguna memutuskan untuk melakukan rooting :
  1. Garansi dari vendor akan hilang : Pusat layanan vendor yang bersangkutan berhak menolak klaim garansi dari pengguna jika kerusakan yang dialami akibat memodifikasi sistem yang salah satu syaratnya harus di-root. Jika ingin melakukan eksperimen memodifikasi sistem Android, lebih baik gunakan ponsel bekas, jangan ponsel baru dengan garansi yang masih berlaku.
  2. Celah keamanan semakin terbuka dan rentan : Ponsel yang sudah di-root lebih rentan terkena serangan malware dan spyware dan virus lainnya. 
Dengan melakukan rooting, selain resiko di atas, penggua juga mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut :
  1. Pengguna bisa memindahkan dan menginstal aplikasi ke memori eksternal ponsel (beberapa ponsel Android versi Froyo ke bawah tidak bisa langsung memindahkan aplikasi ke memori eksternal).
  2. Untuk beberapa tipe ponsel bisa melakukan upgrade versi Android terbaru. Misal : upgrade versi Eclair ke versi Froyo dan lainnya.
  3. Pengguna bisa melakukan optimalisasi dan memaksimalkan kinerja ponsel.
  4. Pengguna bisa menghapus aplikasi bawaan pabrik. Lakukan dengan ekstra hati-hati agar tidak salah hapus dan mengakibatkan kinerja ponsel terganggu.
Silahkan akses forum Android Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar Android di sini.

Dikutip dari berbagai sumber.