Pages

Minggu, 01 Januari 2012

6 Jenis Malware yang Biasa Menyerang Ponsel Android

Shear Blog - Pengguna Android sekarang harus lebih ekstra hati-hati terhadap serangan Malware, karena sistem operasi ini tidak lagi bisa dikatakan kebal terhadap serangan program jahat. Para pembuat Malware akan berusaha menyerang Android karena sistem operasi ini semakin populer dan penggunanya meningkat sangat pesat. Beberapa jenis Malware yang sudah dikenal menyerang Android adalah :

  1. Rooter : Malware jenis ini cukup berbahaya dan ditakuti. Karena bila malware ini sudah menyerang ke root maka ponsel akan secara total diambil alih fungsinya. Ponsel Android yang sudah di-root lebih rentan terkena serangan malware jenis ini.
  2. Malicious Downloader : Malware jenis ini membuat ponsel mengunduh aplikasi-aplikasi yang sudah terjangkit ataupun dimasuki program jahat, tentu saja tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.
  3. Data Stealer : Malware ini akan mencuri data-data penting seperti data email, akun dan kata kunci yang disimpan di dalam ponsel, kemudian akan mengirim data-data tersebut kepada sang pembuat malware.
  4. Click Fraudster : Menipu pengguna ponsel dengan metode menggunakan sebuah iklan online berbayar untuk di-klik.
  5. Spying Tools : Malware ini tidak menyerang langsung pada ponsel melainkan akan memberikan informasi mulai dari data GPS hingga informasi penting lainnya kepada pihak ketiga.
  6. Premium Service Abusher : Sebuah layanan yang akan menjangkiti ponsel kemudian mendaftarkan ponsel tersebut ke sebuah layanan premium tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.
Hati-hati terhadap semua aplikasi mencurigakan yang akan Anda instal ke ponsel. Data-data yang sangat penting sebaiknya jangan disimpan di memori HP, lebih baik sediakan memori khusus untuk menyimpannya.
Dikutip dari berbagai sumber.